MENGENAL PRODI SISTEM INFORMASI UNIPDU JOMBANG

JOMBANG – Sebagian dari kamu mungkin masih bingung apa saja yang dipelajari dalam prodi ini dan prospek kerja prodi Sistem Informasi. Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya, yuk, simak di sini!

Program Studi Sistem Informasi ini merupakan sebuah bidang studi yang menggabungkan ilmu komputer dengan ilmu lain, seperti ekonomi, manajemen, dan bisnis.

Melalui program studi ini, mahasiswa akan belajar lebih mendalam tentang cara melakukan identifikasi serta proses sebuah bisnis di perusahaan, mulai dari data-data atau profil bisnis hingga perancangan sistem yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Oleh karena itu, mahasiswa Prodi Sistem Informasi tidak hanya berkutat pada ilmu komputer,  seperti software maupun hardware, namun mahasiswa juga dituntut untuk mampu mempelajari sebuah proses bisnis perusahaan.

Apa Sih Yang di pelajari ?

 

Ada beragam ilmu yang bisa diperoleh dengan masuk ke dalam Prodi SI, yaitu ilmu mengelola software dan hardware, perancangan sistem, dan ilmu manajemen serta bisnis.

Dalam Prodi Sistem Informasi, mahasiswa diarahkan untuk mengembangkan, memanfaatkan, serta mengelola software maupun hardware yang ada dalam dunia bisnis maupun perseorangan. Hal ini menjadi aspek penting ketika perancangan sistem informasi dan pengelolaannya di lapangan kerja.

Mahasiswa Prodi Sistem Informasi juga diarahkan untuk belajar merancang sebuah sistem yang sesuai dengan tujuan organisasi atau kebutuhan perusahaan sehingga sistem tersebut bermanfaat dan mendukung kegiatan bisnis yang dijalankan oleh perusahaan atau organisasi. Selain itu, dalam program studi ini mahasiswa juga diarahkan untuk mempelajari ilmu manajemen dan bisnis yang akan menjadi bekal bagi mahasiswa ketika bekerja di sebuah perusahaan.

Dengan memasuki Prodi Sistem Informasi, kamu bisa memperoleh dan menambah keahlian baru. Kamu akan mampu melakukan proyeksi atau rekayasa sistem jaringan melalui komputer. Mampu problem solving dan berpikir sistematis. Selain itu, kamu akan mampu menganalisis sebuah tujuan atau kebutuhan berdasarkan identifikasi profil serta tinjauan sederhana terhadap perusahaan.

Tak hanya itu, keahlian kamu di bidang manajerial data juga akan bertambah. Nantinya, kamu akan mampu mengelola data dari sebuah perusahaan yang akan dijadikan sumber perancangan sistem informasi bagi perusahaan.

Keunggulan Prodi Sistem Informasi Unipdu Jombang Apa?

Selain mempelajari kompetensi dibidang sistem informasi, mahasiswa juga dibekali dengan ilmu agama yang mumpuni, sehingga ini menjadi nilai Plus bagi lulusan Unipdu Jombang. Keagungan akhlak dan kedalaman spiritual menjadi nilai tambah bagi lulusan Prodi Sistem unipdu Jombang. selain itu nilai-nilai berbangsa dan bernegara juga ditanamkan.

saat ini, Prodi Sistem informasi Unipdu Jombang sudah terareditasi dengan predikat B dari BAN PT, dan menjadi satu-satunya prodi bidang sistem informasi yang terbaik di kabupaten Jombang dan menjadi prodi Sistem Informasi Unggulan di Jawa Timur. 

selain itu, Prodi sistem informasi memiliki dan mengelolah jurnal ilmiah yang sudah level internasional dan terindex scopus dan masuk dalam Sinta 1. jurnal ilmiag tersebut “Jurnal sistem informasi – Register”  

Apa Saja Prospek Kerja Prodi Sistem Informasi?

Dengan beragam keahlian yang dipelajari ketika masa perkuliahan, nantinya kamu dapat mempraktikkannya langsung di dunia kerja. Ada banyak prospek kerja yang bisa kamu tempati setelah lulus dari Prodi Sistem Informasi. Apa saja prospek kerja tersebut? Simak di sini!

Programmer atau Software Developer

Salah satu pekerjaan yang belakangan tengah banyak dicari ialah Programmer atau Software Developer. Lulusan Prodi Sistem Informasi dapat mengaplikasikan skill mereka dalam bidang pekerjaan ini.

Analis Sistem

System analyst (Analisis Sistem) merupakan profesi di bidang teknologi informasi yang fokus pada aktivitas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, juga pemilihan perangkat lunak dan sistem untuk mengakomodasi kebutuhan institusi. Bidang pekerjaan ini memiliki peranan kunci dalam upaya mengembangankan suatu sistem.

IT Manager

Manajer di bidang IT adalah salah satu pekerjaan yang sangat menjanjikan dan memiliki peluang gaji yang tinggi.  Profesi ini merupakan salah satu profesi yang sangat penting dalam suatu perusahaan maupun lembaga.

Menurut Career Explorer, tugas utama IT manager adalah untuk mengawasi semua staf yang ada di departemen information technology (IT). Orang yang bekerja di bidang ini akan berhubungan dengan banyak pihak atau departemen dalam suatu perusahaan. Mulai dari bagian keuangan, produksi, HRD, marketing, dan lain sebagainya. Jika terjadi suatu masalah yang berkaitan dengan komputer, jaringan, dan sistem, maka manajer IT memiliki tanggung jawab untuk mencari solusi dan menyelesaikannya.

Menurut Get Smarter, posisi ini dapat ditempuh melalui pengalaman sebagai IT specialistcomputer system analyst, dan sejenisnya. Jenjang berikutnya adalah IT Director lalu menjadi CTO atau CIO.

Digital Entrepreniur

Kewirausahaan Digital atau Digital Enterpreneur yang saat ini sedang booming di industri teknologi. profesi baru ini booming seiring dengan tumbuhnya perusahaan rintisan / Start Up digital. lulusan prodi sistem informasi mampu merancang dan membangun aplikasi yang nanti nya akan di gunakan oleh masyarakat dalam kegiatan sehari hari.

Anda mengenal Gojek, Grab, Shopee, tokopedia, Ovo, oyo, traveloka dan perusahaan digital lainnya kan? nah seperti itulah prosesi digital entrepreniur.

Arsitek Jaringan Komputer

Lulusan dari Prodi Sistem Informasi dapat berkiprah sebagai arsitek dalam perancangan jaringan komputer bagi perusahaan atau organisasi.

Arsitek Sistem Komputer

Tidak hanya sebagai perancang jaringan, lulusan Prodi Sistem Informasi juga memiliki kompetensi dalam perancangan sebuah sistem komputer bagi perusahaan atau organisasi.

Application Engineer

Lulusan ini juga dapat berkiprah sebagai application engineer dengan membuat sebuah aplikasi yang disasar untuk kebutuhan bisnis.

Data Scientist

Lulusan prodi ini juga memiliki kesempatan untuk menjadi seorang data scientist untuk manajerial data sebuah perusahaan atau organisasi tertentu.

Konsultan IT

Sebagai seseorang yang telah berkecimpung pada dunia Teknik Informasi (TI) maka kesempatan menjadi seorang konsultan IT merupakan hal yang sangat memungkinkan jika dilakukan oleh lulusan Sistem Informasi.

Nah, itulah serba-serbi Prodi Sistem Informasi yang harus kamu ketahui. Kamu ingin mendalami Prodi Sistem Informasi lebih lanjut? Yuk, bergabung menjadi keluarga besar Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum – Unipdu Jombang!

Bagi calon mahasiswa baru yang tertarik dan berminat dalam menimba dan menguasai ilmu mengenai teknologi dan manajemen, segera daftarkan diri di Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Unipdu Jombang.

Telah dibuka pendaftaran bagi mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2021/2022. Untuk informasi lengkapnya, kunjungi website Penerimaan Mahasiswa baru 

Yuk, tunggu apalagi, segera daftarkan diri kamu di sini!



Leave a Reply